MOM: BECAUSE YOU LOVE ME…


MOM: BECAUSE YOU LOVE ME…

 

Charmaine Clarice Relucio Pempengco gadis kelahiran 1992 yang berarti berusia 20 ini lebih dikenal sebagai Charice (singkatan dari dua nama pertamanya). Yang membuatku ingin menulis ini adalah saat ia menyanyikan sebuah lagu dan membuatku menitikkan air mata!! Duetnya dengan Celine Dion, pelantun banyak hits seperti “My Heart Will Go On” dan “The Power of Love” di atas panggung kelas dunia Madison Square Garden  15 September 2008 pastinya membius kami. Dan lagu yang dinyanyikan saat itu tak lain dan tak bukan adalah “Because You Love Me”, sebuah lagu yang jelas jelas ditujukan kepada ibunya!

 

Barangkali, jika bukan karena keisengan teman-temannya yang memasukan video sang Charice bernyanyi, mungkin saya tak akan membahasnya disini sekarang ini. Mungkin pula mata dunia belum terbuka atau bahkan impian Charice untuk berduet dengan Celine Dion tak akan pernah jadi kenyataan. Jika musisi sekelas David Foster bisa berkomentar penuh pujian terhadapnya, bagaimana saya berani berdebat dengannya?  David Foster menyebut, Charice sebagai gadis yang bernyanyi dari hati.  Bahkan Oprah Winfrey sengaja mengontak Celine Dion secara khusus untuk menyampaikan kabar mutiara terpendam tersebut.  “Oprah yang tertarik kepada Charice bahkan bertanya kepada David Foster: Apakah rasa sakit itu yang membuat Charice bisa seperti sekarang?” David menjawab “Benar, rasa sakit membuat dia bernyanyi sepenuh jiwa, dan  terus  mengerti dengan perasaannya”.

 

Memang. dara asal  Filipinos ini baru kukenal tadi lewat YouTube, itupun melalui salah satu sesi motivasi bersama Haryanto Kandani yang mengisi training Guru Professional di sekolah tempatku mengajar.  Tak banyak yang bisa kutulis tentang dia selain comotan data dari sana sini, dan lewat mesin canggih bernama professor Goggle aku bisa berbagi.  Charice hanyalah “gadis desa” di sebuah kota yang jaraknya 2 jam dari Manila. Pada usia tiga tahun, ia pernah mengalami stressing yang berat, saat ayahnya menembak ibunya dengan senapan!! Kita tahu bahwa di Filipina kepemilikan senjata api tidak seketat disini. Untung tragedi itu tidak membuatnya harus kehilangan Ibu.

 

Sejak umur 4 tahun, Charice diajari ibunya bernyanyi. Pada usia 6 tahun, dia mencoba  menguji bakat yang ia miliki dengan mengikuti kontes lagu di Filipina. Dan sindiran dan cemoohan yang ia dapatkan. “Suara kamu tak bagus dan wajahmu tak cantik”, begitulah juri saat itu berkata! Namun bagai pepatah “Tidak ada manusia yang terlahir pintar (bernyanyi), tapi semua itu di awali dengan belajar (bernyanyi)” maka itu pulalah yang berlaku pada dirinya.  Sindiran dari juri tadi tak membuat Charice patang arang. Berlatih dan berlatih terus ia lakukan. Bahkan, ia mulai belajar  memainkan gitar. Walaupun ia  tak mengerti not nada, tapi ia meresapi musik dengan mendengarkannya. Dan sekarang ini Charice sudah meroket menjadi salah satu cast di tv series musikal paling popular di Amerika berjudul Glee! Memang sementara ini acara tersebut baru bisa dinikmati di salah satu tv kabel. Ia memerankan tokoh Sunshine Corazon! Pas audisi ikutan Glee dia menyanyikan lagu Beyonce yang berjudul Halo. Banyak orang berpendapat  suara si Charice lebih keren daripada suara Beyonce!!

 

Ternyata, memori kelam pada umur 3 tahun dan kecintaan mendalam kepada sosok ibu lah yang membuat Charice bisa melantukan nada demi nada dengan penuh perasaan. Dia bernyanyi untuk menghilangkan rasa sakit sekaligus cinta pada sang Bunda. Cinta, gairah dan passion adalah sebuah motivasi kuat. Dan Charice telah membuatku bergairah untuk mengetikkan huruf per huruf untuk memaknainya. Dan bait penutup kali ini akan kutuliksan bahwa ibu adalah salah satu alasan kenapa kita masih ada disini sekarang. Jika kita tak sanggup menyuarakan kasih kita terhadapnya dengan cara yang sempurna, kita bisa melakukannya dengan banyak cara!! I love you Mom….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: