ANTARA AKU, KAU DAN ELANG TJ [BUSWAY]


ANTARA AKU, KAU DAN ELANG TJ [BUSWAY]

Banyak yang tidak tahu bahwa maskot yang ada di busway alias TJ adalah Elang Bondol! Sekitar tahun 1989, elang bondol dan salak condet dijadikan maskot Jakarta oleh pemda DKI pada masa Ali Sadikin. Bahkan, keduanya juga menjadi lambang Jakarta Timur. Tapi, coba tanya berapa persen dari kita yang sadar gambar yang menempel di dinding busway ini? Sebagian orang menganggapnya sebagai garuda, sebagian lagi menganggap buah yang dicengkeramnya adalah kelapa!! Sebenarnya, jika mau sedikit ber travelling ria patung elang bondol dengan salak condet bisa kita temui di perbatasan Jakarta Timur–Bekasi.

Lalu mengapa salak condet dan elang bondol dijadikan sebagai maskot Jakarta? Pastinya, ada harapan Pemerintah DKI hendak menyelamatkan dua harta berharga itu. Tetapi, sejauh ini, upaya kongkret pelestariannya, kelihatannya hanya sekedar lips service belaka!! Aset-aset ekologi hanyalah sekedar ironisme ketidakbecusan kesadaran lingkungan hidup atau malahan hanya sekedar “paradox” atas claim kita yang katanya sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Betulkah??

Elang bondol sejatinya bukanlah satwa endemik Jakarta. Burung buas bernama latin Haliastur indus ini tubuhnya berbulu kecoklatan dan leher sampai kepala berbulu putih. Panjang badannya mencapai 52 sentimeter. Burung raksasa yang gagah ini mampu terbang sampai ketinggian 3.000 meter . Ia kadang juga dijumpai di Australia, India, Cina, dan Filipina. Di Jakarta populasi burung yang hampir punah itu tinggal beberapa ekor saja!!. Kini, mereka hidup di Cagar Alam Laut Pulau Rambut atau Ragunan. Nasib salak condet dan elang bondol, lagi-lagi menjadi sekedar nama saja ketika kita tidak “aware” terhadap lingkungan sekitar kita. Sekarang, tidakkah anda ingin menyempatkan menatap gambar elang bondol dan salak Condet, berfikir kritis, dan berbuat sesuatu yang positif atasnya?? The choice is yours….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: